Senin, 19 September 2011

The Blabbering Phase

Second post, and still on learning about blog, jadi gw pikir kenapa ga bincang-bincang dikit lah, basa-basi, membuka aib..
Jadi, berdasarkan 3 prinsip invisible dasar yang pernah gw karang-karang, basa-basi paling top tuh melibatkan 3 topik : keluarga, interest, dan  pekerjaan. Dari 3 basa-basi itu bisa deh langsung ngembang ke pembicaraan yang detil-detil.. dari yang cuman nyinggung sifat-sifat sodara sampeeee ke yang detil-detil kaya ukuran upil masing-masing (ga sedetil itu c sebenernya.. ini kan cuman contoh). Dari yang nyerimpet perihal hobi, jadi ngomongin obsesi. Dari yang cuman ngejawab pertanyaan ‘kuliah di mana?’ jadinya kok malah ngeyakinin kalo GT man, alias Gayung Tamborin (bukan nama sebenarnya) itu sama sekali bukan contoh yang bakalan diikuti anak-anak STAN. Plis deh ma, kuliah di STAN bukan berarti Remon bakalan korup kan???
sorii…malah jadi curcol…
eniweiii, berhubung kita baru kenal, gpp donk kalo 3 prinsip ngarang itu gw pake sekarang ;)


BAB I. KELUARGA
sneak peek :
Penampakan berikut ini lumayan lah buat dijadiin acuan, biarpun g smua sodara gw terpampang di situ. Ini foto family yang terbaru agan sista. Sebetulnya ada lagi yang lain, tapi itu melibatkan keluarga-keluarga elit yang rada males gw sebut.. kapan” deh gw critain ^^’.
Seperti pernah gw singgung di Narci
sisstic, gw ini anak ketujuh dari tujuh bersaudara.  Kalo kata nyokap : banyak anak banyak rejeki.. tapi gw ga yakin gw bakal pake ilmu ini kalo udah nikah ntar :D
Bokap gw udah almarhum. Beliau gw ingat sebagai sosok yang luar biasa tegas..galak..jutek..tapi ngangenin. Nyokap itu ibarat kata tuh pendinginnya. Dia kalem..ngemong..care..rada suka ngompor..kalo udah marah nyelekit…biasalah tipikal ibu-ibu betawi kebanyakan~
Mungkin karena kebanyakan anak kali ya, almarhum bokap gw kayanya suka belibet-libet kalo manggil. Nama gw ketuker lah sama kk gw. Malah kadang-kadang  nama anak tetangga dipanggil O.o. Lalu, dengan cerdasnya beliau menemukan cara supaya ga ketuker-tuker kalo manggil nama anaknya. Cukup dengan bersiul kenceng, nah, kita-kita yang rada horor sama almarhum, ga peduli lagi ngapain dimanapun, langsung tunggang-langgang ngesot balik ke rumah udah kaya ibu-ibu berebut sembako. Udah cape-cape balik, ehhh, yang dipanggil ternyata si anu.. agak gondok juga sebetulnya, tapi komplikasi juga sama rasa lega coz permintaan dari almarhum biasanya aneh-aneh. Sadar kita rada-rada gondok, akhirnya almarhum bikin solusi yang luar biasa cerdas. Siulan buat tiap-tiap anak dibedain cuyyy..~ seinget gw, siulan buat gw itu agak-agak dibuat ‘melengkung’ di bagian tengah..susah dijelasinnya..pokoknya gitu deh. Solusi ini bukan cuma memecahkan satu masalah aja loh. Anak-anak tetangga yang suka geli sendiri ngeliat kelakuan keluarga gw, suka usil niru-niru siulan bokap gw, niatnya c supaya pada lari-larian ke rumah,tapiii karena siulan bokap gw yang uniq susah ditiru, ga pernah kena tipu kita~ lalalalalala~

Nyokap laen lagi. Di foto atas dia di posisi kedua dari kanan, yang subur ^^. Nyokap itu beneran tolak belakang deh sama almarhum bokap.. dia suka musik dangdut, sementara bokap lagu-lagu bule tempo dulu semisal Elfis (bukan nama sebenarnya). Nyokap keranjingan sinetron, bokap musuh abadi sinetron. Nyokap kalo ngomong nyablak, bokap kalo ngomong teratur.. daaaaaann sebagainya.
Sepintas soal bokap nyokap udah, sekarang giliran kakak-kakak gw~
Tempo dulu, jaman-jamannya keluarga masih susah, gw dan keluarga menganut sistem 4L di rumah.4L as in lo lagi lo lagi --a. Maklum rumah sempit, penghuni banyak. Tiap mw ke toilet, ketemu dia lagi. Mw ke dapur, ketemu dia lagi. Mw tiduran di teras, ketemu dia lagi.. ya udah, lo lagi lo lagi jadinya ^_^’
Lagi-lagi gw ga tw alesannya kenapa, tiap anggota keluarga gw itu ada nama panggilannya. Berasa keluarga sindikat mafia gw. Kalo nama panggilan gw beragam, kadang Remon, kadang dakocan. Mw tw dakocan itu apa? Cari yah di mbah gugel ;).
Buat lo lo yang belajar Biologi, masih inget ga gen resesif itu apa? Simpelnya, gen resesif itu gen yang ga dominan. Nah, gw percaya banget kalo gen-gen dominan dari orangtua gw tuh udah disedot sama kakak-kakak gw.. jadi gw kebagian gen-gen resesifnya alias gen sisa…
Sodaraku putih-putih..kok aku enggak :(
Sodaraku cakep-cakep..kok aku setengah cakep :( (ga rela disebut jelek)
Sodaraku pesek-pesek..kok aku juga ikutan pesek! Curang!
wkwkwk, ga segitunya juga c, tapi emank gw ga mirip sama yang laen c..malah pernah dikatain anak tetangga! Hiks…
Sodaraku mirip-mirip..kok aku ga :(
OKE, udah cukup mindernya, back to topic!
Fokuskan perhatian anda ke foto sodara-sodara! Gw mw absen satu-satu! Tapi komposisi utama aja ya ;)

Kakak tertua, Amel (bukan nama sebenarnya), sindikat name : engo
Kalo di foto, keempat dari kanan..
About : obsesi pada dunia mistis, self proclaim ‘The Queen of Gambler’, kena penyakit almarhum bokap yang suka ketuker-tuker kalo manggil nama, paling girang kalo dibilang mirip Syahrani (bukan nama sebenarnya), Shopping addict, Suka muji diri sendiri, kalo marah mendelik dahsyat, pernah berantem sama orang gila depan kantor sampe bedarah-darah, jiwa Betawinya suka keluar di momen yang salah, but Overall, dia ga pelid sama semua orang, selama orang itu ga ngocol..
Gw pernah nanya ke nyokap, asal-muasal nama engo tuh darimana ya? Rupanya itu semacam bahasa Betawi yang artinya kira-kira mirip-mirip sama lemot.. HE? Kok bisa yah? Padahal dia itu pinter loh.. eh tapi ternyata emank ga sepenuhnya salah deh.. kalo becanda kan dia suka nanya detiiil dulu baru bisa ngeh maksud becandaannya apaan..
Gw dan si Amel bedanya 17 tahun, jadi orang-orang suka ketipu, ngira gw anaknya, bukan ade.. masih mending lah daripada disangka supirnyaa.. (It did happen, grrrrrr)
Diantara semua kakak-kakak gw, orang inilah yang menurut gw paling pantes disebut tulang punggung keluarga. Dari keluarga gw yang secara ekonomi sulit jadi lumayan semua gara-gara dia yang udah berjuang dari nol. Detilnya akan gw ceritain kapan-kapan...
Banyak kejadian yang bisa gw critain soal dia, tapi membongkar aib donk gw? Wkwkwk, maybe next time..

Kakak kedua, Anti (bukan nama sebenarnya), sindikat name : monge

ga ada di foto tapinya.. hehe
About : Perfectionis tingkat menengah, benci kekerasan, benci kata-kata kotor, agak labil..kadang setuju..kadang engga, peduli akan manner, mengikuti pola hidup gaya barat, paling seneng bersih-bersih di hari minggu, seneng hewan yang bersih, benci hewan yang kotor, seneng adeknya bersih, benci adeknya kotor. Basically dia pecinta kebersihan, tapi jangan shock kalo tiba-tiba darah Betawinya keluar… gw aja shock..
Well, lagi-lagi gw pernah nanya ke nyokap, monge itu apa? Ternyata monge itu congek.. ya ampun, tega bener ngasih nama sindikat --a… padahal gw udah pernah ngecek kok waktu dia tidur, serius dah kupingnya bersih..  lalu apa penyebabnya dia dipanggil monge?  Karena kalo lagi nonton bareng, dia yang paling sering nanya “Barusan dia ngomong apa?”.. trus bisa-bisanya ketuker antara burung sama buntut..padahal kata yang dimaksud buntung --a.. (burung sama buntut? Kok dua2nya ambigu yah??)
Jujur aja, gw sebetulnya agak-agak mati gaya kalo nginep di rumahnya.. There’s so many rules!!
Contoh-contohnya :
#pas mau makan
Gw : *mw duduk*
Anti : Jangan berderit man kursinya! table manner..
Gw : Iyaaah *ngambil makanan*
Anti : Jangan ngambil pake sendok makan man, kan ada sendok khususnya! Table manner..
Gw : Iyaaah *naro sendok, ngambil makanan pake sendok khusus*
#satu kunyahan kemudian
Anti : Jangan berdecak man makannya! Table manner..
Gw : he ehh (mulut gw ada makanan)
Anti : Tangan ga boleh di atas meja man, table manner..
Gw : ….Anti, gimana kalo Anti makan aja??
Anti : Stttt, jangan ngomong kalo lagi makan man! Table manner
Gw : …………………………………………………………………………………………

#atau pas abis baca koran

Anti : Ini siapa abis baca Koran?
Gw : Rahman barusan
Anti : Berantakan bener man!
Gw : *merhatiin tumpukan Koran yang tertata rapi sekali* berantakan gimanaa?? Rapi kok!
Anti : Ini tanggalnya kebalik, harusnya, diurutin donk!
Gw : ………………………………………………………………………………………
 

#atau pas abis mandi
Gw : *Kluar kamar mandi* fyuuuhh.. seger
Anti : *ngintip ke kamar mandi*
Gw : He? Anti ngapain?
Anti : Becek bener man! Ada kanebo kan di kamar mandi? Keringin dulu lantai sama dindingnya!
Gw : ……………………………………………………………………………………..

Emank salah yah gw mandi jebar jebur? Hiks :(

Tapi, banyak juga sifat-sifat gw yang terpengaruh sama sifat dia. Contohnya bahasanya yang cenderung kaku, ikut”an nular ke gw.. trus kebiasaannya dia ngerapiin barang-barang sampe ke detil”nya, juga nular.. (contohnya kaya naro pulpen sejajar, tumpukan buku yang simetris, kalo ngerapiin duit lembaran sampe disamain juga gambar muka” di duidnya..yang depan mana..yang belakang mana.. eSWeTe)
Masih soal Anti… (panjang yah),gw curiga kalo dia itu bule wannabe deh. Beneran gaya hidupnya bule banget! Dia satu-satunya di antara kluarga yang kalo cebok ga pake aer sama sabun, tapi pake toilet paper…  kan bule namanya… gara-gara terpengaruh dia juga gw jadi ga suka ngumpetin upil di bawah meja lagi.
Bahasa yang digunakan Anti juga alus-alus, lembut… malah kalo di depan anaknya, kita smua disuruh ngeganti kata-kata ‘boker’ dan ‘pipis’ jadi ‘dudu’ dan ‘wiwi’....mmmm….sweet banget ciii…
Duhhh…udah yaa, ngomongin Anti gw jadi kebelet wiwi…NEXT!

Kakak ketiga, Ela (bukan nama sebenarnya), sindikat name : beke
Btw, daritadi ngomongin kakak pertama, kakak kedua, kakak ketiga, kok gw berasa Shaolin yahhh??

EHEM, liat foto lagi guys, Ela ada di kelima dari kanan~
About : Paling gokil kalo becanda, skillnya dewa perihal sindir-menyindir, pintar mengelola keuangan, expert soal harga, suka pamer punggung (berasa sunder bolong kali yah?), sering mendapat julukan eksentrik soal pilihan gaya, UNGU lover, dipanggil bunda sama anaknya, pasangan pemain gaplek sama suaminya, jago kalo becanda fisik, jago juga kalo becanda mental..
Bertanyalah lagi gw ke nyokap.. beke itu apaa?  Nyokap bersabda : Beke itu pendek monnn..
Ohhhh, jadi sekarang maenannya fisik? Brarti udah ga perlu dijelasin lg kan artinya apa? Kalo dulu malah katanya dia sempet dijuluki melon.. artinya apaaa yaaa?? Mungkin dia suka melon kali ya? #polos
Meskipun julukannya bersifat fisik, toh dia juga jago menghina balik yang lebih nyelekit..
Buat info, 3 kakak cewe teratas dulu biasa gw juluki bigbossnya keluarga gara-gara usia yang terpaut jauh.. tapi Ela ini ibaratnya adalah seorang ‘bridge’.. dia ke ‘Young Generation ‘ alias adek”nya nyambung coz easygoing dan ngeguyon terus.. trus ke…mmmm….kalo gw sebut ‘Old Generation’ bisa diamuk gw…………………..……….gini aja dah… si Ela kalo ke ‘Young Generation’ alias kaka”nya nyambung coz usia yang g terlampau jauh, trus ke ‘Young’er’ Generation’ juga nyambung coz easygoing dan ngeguyon terus….
nah dah tuh! PAS! G ada yang tersakiti! Mwahahahahahahahaha~
Ela, The Bridge, done…NEXT

Kakak keempat, Kiaz (bukan nama sebenarnya), sindikat name : bebek

Kalo di foto, dia yang lagi nenteng anak ^^
About : Suka dikatain napas naga, sempet terobsesi makan bubur pake 7 butir telur rebus, suka dikatain kebo, anak kesayangan nyokap, suka dibully-bully baik sama adekny ataupun kakakny ataupun ponakannya, kalo diboncengin dia naek motor bikin sakit jantungan, mangsa empuk guyonan Ela, getol nyari duid, paling alim, pecinta binatang, meneteskan air mata waktu hamsternya mati, sempet bikin shock nyokap waktu dia bilang mw nikah, maksa banget biar dipanggil ‘abang’ (gw lupa cerita yah? Di keluarga gw, ga ada sebutan ‘kak’ atau ‘dek’.. semua manggil nama), suka ngejayus, suka kaya kumur-kumur kalo ngomong,  suka meniup muka adek-adeknya kalo adek-adeknya ngocol, suka meniup muka ponakan-ponakannya kalo ponakan-ponakannya ngocol, suka meniup muka istri dan anaknya kalo…eh itu ga denk.., waktu kecil suka maenan tusbol sama kakak gw yang satu lagi, dan overall.. dia BAIIIIIIIKKKKK BANGEEEEETTTT :’)
kk gw yang satu ini adalah contoh nyata dari istilah ‘kind guy always get bullied’ atau ‘orang baik selalu dibully-bully’.. dia JAAAARRRRRAAANG banget marah, kalopun marah malah diketawain..
buat yang bertanya-tanya kamsud sindikat namenya dia, YES, akhirnya gw ga perlu nanya nyokap buat yang satu ini! Secara bebek kan bukan bahasa betawi..bukan kan? Kok gw jadi ga yakin gitu?......”ma, bebek bukan bahasa betawi kan?” Dan mama bertitah : “Bebek bahasa betawi?? Lo sekolah dimana monnnnn??”………………………………..
Tapi, disini gw ragu, apa sindikat name itu julukan yang sifatnya fisik (as in dower) atau kiasan? Ternyata, Kiaz dipanggil bebek karena cara makannya yang ajaib. Masa dia makan di meja makan, bisa ada butiran nasi di ruang tamu? Kalo cuman nyasar di jidat c ga masalah…eh… ada yang nyasar di jidatnya juga ternyata… ahahahahahaa….
Sebebek apa pun dia, pokoknya dia BAEEEEEEEEEKKKK~~

Kakak kelima, Nioc (bukan kakak, eh, nama sebenarnya), sindikat name : cencorang
Kalo di foto, dia yang pake baju pink ^^

About : Sering banget dikatain jenong waktu kecil, dulu suka dipanggil gingsul, sekarang cantiikk, sahabat gw sewaktu kecil (untuk bagian ini, ada cerita tersendiri yang masih gw timbang” mw dibeberin ataw gaa….hmmmm), badannya g gendut”, suaranya bagus kalo nyanyi rendah, cantik menarik senyum selalu di luar..rada slebor di rumah, galau cinta, suka berargumen, suka sharing, keras kepala, kepalanya keras, lamaaaa banget kalo milih sepatu, suka lupa diri kalo belanja, penampilannya simpel, gw selalu mendoakan yang terbaik buat dia :’)
Cencorang as in kurus, tinggi, tangannya panjang~
My favourite sister, dan gw ga becanda.. Sifat dia mirip banget sama gw di beberapa hal.. dia menemani gw di saat-saat sulit, masa-masa sulit, jaman-jaman selulit, biarpun dia sendiri lagi pailit. Ada satu kalimat yang terucap dari mulut dia yang akan selalu jleb ngena di hati gw, dan dia yang paliiiiiing gw pengen banget bahagia..
Gw akan cerita lebih detil soal dia lain waktu :’)

Kakak keenam, Syidkur (bukan nama sebenarnya), sindikat name : cupar
fotonya ga ada…hehe
About : eN, aA, eR, eS, iI, eS.. NARSIS, pede mampus, merasa dirinya paling ganteng sedunia, jiwa pedagang, ga bisa liat cewe cakep, suka grepe-grepe, emosinya kadang labil, kadang pelid kadang baek, kupingnya diri kalo denger kata duid, pantatnya ga bisa diem di satu tempat, kaskuser sejati, usil parah, suka ngamuk kalo dibangunin tidur, suka ngamuk kalo ga dibangunin tidur, minta ditabok kadang-kadang, gampang bergahol, gampang digauli, suka kelaperan tengah malem, suka kucing kaya gw..
Entah dari bahasa apa, cupar itu tuh kalo kata nyokap, artinya tukang ngikutin.. waktu kecil tuh si Syidkur sukanya ngikutin omongan dan gaya orang. Kecil-kecil udah sengak lah intinya.  Jaman-jamannya SD, gw sama dia itu gatel kalo ngelewatin hari tanpa berantem.. dan semakin gede, level berantemnya juga makin tinggi.. gw malah pernah ga ngomong berbulan-bulan sama dia, tapi yah udahannya  baikan lagi…
Narsisnya itu loh, g nahan >,<
contoh
Syidkur : Man, menurut lo Brad Pitt itu ganteng ga?
Gw    : gantengg..
Syidkur : Makasih… *pergi dengan gaya*
Gw   : ……………………………………………………………………………
belum lama
Syidkur : Lo tw ga man? Mantan pacarnya Dian Katro (bukan nama sebenarnya) ternyata budeg loh
Gw : Hah? Masa iya?
Syidkur : Apa? *ga denger*
Gw : Masa iya mantannya Dian Katro budeg?
Syidkur : Apaan? *ga denger*
Gw : Masa iyaaaa…………………….*baru ngeh*……………………………..
HAL-HAL KAYA GINI KADANG-KADANG BIKIN GW PENGEN NABOK! Huf…hufff…
Uhum…lanjut…karena gw sama dia usianya ga terpaut jauh, cuma beda 3 tahun, jadi gw paling banyak punya cerita-cerita soal dia.. jadi kaya Nioc aja yaaa, diceritain lain kali secara lebih detil..
Oke deh, udah komplit kan tuh komposisi kluarga inti gw siapa-siapanya :D
Mungkin pada bingung kali yah, buat apa gw cerita-cerita beginian.. alesannya coz gw curiga postingan-postingan gw mendatang bakalan sedikit banyak melibatkan makhluk-makhluk di atas, jadi daripada ribet buat nerangin tiap posting, mending dijelasin smuanya aja toh di awal? Hehehe…
Kembali ke 3 prinsip invisible dasar… gw beneran yah nulisnya 3? Ya ampun, kok baru nerangin satu udah cape yaaaaa.. gimana kalo bersambung aja? Lagian gw jadi brasa kerenan gitu bikin blog bersambung…

Lagian ini udah rada panjang buat sebuah basa-basi ^_^’
Oke deh, kalo gitu makasih smuanya, masih ditunggu kritik, komentar dan saran yang membangun dari kalian semuaaa..
Rahman_Remon,OUT~

2 komentar:

  1. Ngakaklah gue "Gayung Tamborin" HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  2. widiw first comment ~
    slamat! Anda berhasil mendapatkan cinta penuh kasih dari gw! Hehe
    Thanx Tince... ajarin yah..masih newbie

    BalasHapus