Sabtu, 22 Oktober 2011

Wisuda Kakak Tercab*l

Seperti pepatah lama mengatakan : ada masuk, ada keluar...ambigu memang, karena ini karangan gw~
Maka, wajar donk kalo misalnya seorang yang pernah mengalami yang namanya masuk kuliah, juga mengalami yang namanya keluar kuliah? dalam hal ini lulus, bukan DO, mit amit amit....
Hari ini sedikit berbeda dengan hari-hari lainnya, karena seperti tertera pada judul, salah seekor dari keenam kakak gw mengalami kelulusan hari ini, lulus dari sebuah instansi kedinasan dengan merk STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Adalah si Syidkur, kakak setingkat di atas gw yang sedang mengalami euforia kelulusan yang ditandai dengan jalan jejingkrakan dan bersiul-siul di kamar mandi, juga bernarsis dan najis ria memfoto diri sendiri.
Narsis to the MAX~
Bicara soal STIS, gw jadi teringat masa-masa gw pernah mengikuti ujian masuknya selama tiga tahun berturut-turut. Dalam ketiga ujian itu, gw selalu lulus ujian tertulis, tapi selalu tersendat di ujian tahap yang lain.. Tahun pertama gw terpental di psikotes dan wawancara, memang karena gw belum waras saat itu.. Sementara tahun kedua dan ketiga gagal di ujian kesehatan...memang gw lagi parah"nya rabies pada saat itu..
Wkwkwkwk, bukanlah, udah ga rabies ternyata, tapi masalah dengan kondisi paru-paru..dan itu cerita untuk lain waktu :)
Kembali ke si Syidkur, mungkin lo pada bertanya-tanya, mengapa dia berhasil memperoleh gelar kehormatan sebagai kakak tercab*l?
Tenang saja para wanita di luar sana, dalam katergori percab*lan, si Syidkur ini bukan termasuk cab*l yang frontal kok, yang grepeh sana sini, tapi lebih ke cab*l yang terorganisir dan sistematis.. Lebih jauhnya mungkin kapan-kapan gw ceritain :)
Bermula-mula dari gw yang sedang bersiap-siap buat latihan tekon di kos

HP : tururutut tururutut turururururururut *ringtone angrybirds*
Gw : Halo?
Niok : Man, ntar Niok mau telepon dari kantor angkat ya!
Gw : Hah? Ok, ok!
HP : piiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii *ditutup*

Satu pake celana tekon kemudian...

HP : wak wak.. cek qwak... kwakk *ringtone angrybirds*
Gw : Halo?
Niok : Man, lo ntar pulang ke rumah Amel kan?
Gw : Knapa emank?
Niok : Besok dateng ke si Syidkur wisuda!
Gw : Loh, bukannya si Amel yang mau ke sana?
Niok : Jadi tuh blahblahblah..........

Blahblahblah disini agak ribet, dan mungkin akan gw ceritain suatu saat.. Singkat cerita, fix lah gw menemani si Syidkur wisudaan besoknya, sama nyokap yang sepertinya udah kenyang menghadiri 6 kali wisuda...
Di STIS, hanya 2 orang yang boleh menemani si wisudawan/wati ke dalem saat kelulusan, makanya gw sedikit takjub bisa jadi 1 diantara 2 itu... padahal kan kandidat kakak yang lain masih ada 4 lagi -_-
Ya sudahlah...

Malemnya gw balik ke rumah.. dan diwanti-wanti ga boleh tidur pagi.. dan gw akhirnya tidur jam 12 lewat lima...........puluh...
Sori, kebiasaan kakaaaaaa >,<

Subuhnya, dalam keadaan lelap, gw dikagetkan sama tangan dingin di leher gw... dan itu rupanya Syidkur yang membangunkan gw. Dia udah tau kelemahan gw saat tidur itu leher, dan dingin, nah dikombo kan jadinya -_-

Dengan kemeja seadanya, celana bahan seadanya, sepatu seadanya dan muka seadanya, gw bersiap-siap.. mandi, bengong, pake baju, bengong, pake celana, ga boleh bengong..resleting bahaya resleting!
Lama kemudian, kami bertiga pun berangkaatttt~

Sampe satu setengah jam lebih awal dari jadwal, dan ternyata udah rame di luar gedung resepsi kelulusan. Banyak anomali yah ternyata, dimulai dari ibu-ibu yang bawa nasi di rantang berasa mau piknik. Trus Ibu, adek dan kakak" yang pake baju kebaya samaan berasa mau nikahan. Jeprat jepret sana sini, nyengir sana sini, nyadar ada cabe di gigi, akhirnya mesem sana sini.

Sesuai sabda Syidkur sebelumnya :
1) dilarang ngunyah saat acara berlangsung, padahal udah dikasih snack
2) dilarang jeprat jepret saat acara berlangsung
Masuklah gw dan nyokap mencari kursi sambil dengan keteguhan hati mematuhi peraturan tersebut. Mw tau susahnya kaya apa? coba aja lo sarapan cuma pake milo dan pai imut, trus duduk manis selama 5 jam pol, lalala~

Sedikit sharing, gw sebetulnya adalah pribadi yang suka merasa gatel dengan acara yang sifatnya resmi, formal dan kaku kaya gini.. makanya dalam hati gw berharap ada kejadian luar biasa yang di luar kewajaran kaya heels pembawa acara patah, panggung roboh, wig dosennya terbang mengelilingi ruangan, dan hal-hal ga terduga lainnya.. Malah sempet terpikir buat gw terjun dari lantai 2 dan loncat lagi ke atas buat memeriahkan suasana, tapi kondisi kaki gw sayangnya lagi pegel-pegel saat itu #berasaninja

Eniwei, gw dan nyokap akhirnya duduk di tempat yang cukup nyaman.. dan ternyata SALAH, terlalu banyak mata mengintai di situ, adek-adek kelas panitia berlalu lalang, dan gw ga bisa sembunyi-sembunyi buat makan. Ya sudahlah..~

Seperti halnya penyakit orang kebanyakan saat kelulusan, biar udah dilarang foto-foto, tetep aja sibuk jeprat jepret, padahal mulai acara aja belom...
Eh iya ya, kok blom mulai ya? mana ngantuk... pengen ngupil banyak pengintaian.. akhirnya tidur imut deh sebentar...
Orang berlalu lalang, sibuk nyari kursi yang kosong.. dan ada bapak-bapak dengan jenggot luar biasa petantang petenteng minta dicariin bangku sama panitia.. ada juga ibu-ibu yang mengamati dari sudut, mengintai mangsa.. Ada juga tiba-tiba si Syidkur dateng bawa bunga.. LOH?

Syidkur : Ini kiriman dari alumni buat Syidkur, pegangin yaa~

Berlalulah dia... dan biarpun agak ngaret, acara akhirnya dimulai..
Btw, ini bau apa yaaa? Ya ampun gw harum banget rupanya! Ga percuma gw pake cologne nyolong sebelum berangkat... eh wangi bunga barusan denk -_-
Wisuda itu ya wisuda... pembawa acara dengan suara yang diberat-beratin ngemeng, kata sambutan, dari Menteri, dari ketua STIS dan dari sesepuh" lainnya... Ada nyanyian yang menggetarkan dari paduan suara, Trus getaran hasrat dalam diri juga buat ke toilet..
Kalo diceritain satu-satu gw yakin bikin ngantuk, gw yang ngetik aja ngantuk...
Lagipula selama acara berlangsung, pikiran gw berseliweran kemana-mana kok saking bosennya.. Dan memang banyak hal yang bisa bikin bengong itu maksimal~
Sepasang ibu-ibu yang duduk di belakang gw ga berenti-berenti nyerocos, biarpun cuma ngulang kata-kata si pembawa acaraaa....
Saat pengumuman IPK terbaik : widiwww, bagus ya IPK nya tinggi, tuh ada tulisan The Best nya
Saat Menteri orasi : Ih bener tuh, ckckck, bener bener...
Saat nama anaknya dipanggil ke atas panggung : Huhuhuhuhu, selamet yaaaa, huhuhuhuhu

Nyokap gw gatel :
Nyokap : *noleh* Anak pertama ya bu? *dengan nada tulus*
Ibu" Nyerocos : Iyah, anak pertama..
Nyokap : Saya udah enam kali bu *dengan nada tulus* *balik badan lagi*
Ibu" Nyerocos : ......................................

Saat pemanggilan para wisudawan/wati kan disertai juga kan tuh dengan judul skripsi yang dibuat. Para Nyerocos-ers dengan giatnya bacain satu-satu semua judul kompleks nan panjang itu keras-keras.. Disertai komen 'hmmmm' dan 'ckckckck'... 261 kali! Baru belajar baca kali ya? Hwahwahwa~

Ga cukup dengan nyerocos-ers di belakang, ada kaum jepret-ers di depan -_-
Setiap, dan yang gw maksud SETIAP acara apa pun, selalu dijepret dan direkam... pake hape yang sebetulnya kurang cocok dipake buat ngerekam..karena ga bisa nge-zoom... jadi.... dia ngerekam tiang? hmmmmm...ckckckck
Bosen kuadrat, gw akhirnya mencoba buat bikin permainan sendiri : menemukan nama-nama wisudawan/wati yang aneh dan mengundang aib...
Beberapa memang aneh, nama" kaya ga niat.. :
-Ribut
-Bangsawan (cuma satu kata)
-Rais (cuma satu kata)
Pasti orangtuanya semacam hemat, ngasih nama anak aja irit.. cuma 4 huruff...
Apalah hak gw menjudge? Dalam kebosanan kuadrat gw anggap gw punya hak buat itu ;P
Bosen dengan permainan itu, gw menatap sekeliling... rupanya cukup banyak juga korban bergelimpangan.. tidur ga keruan -_-a
Trus ada juga ibu-ibu subur :
1) Memicingkan mata, menyipit mengintai kiri kanan
2) Menggenggam erat dompet yang proporsinya bertolak belakang dengan ukuran badannya
3) Bulir-bulir keringat bermunculan di dahinya
4) Melihat celah
5) HAP! Secepat kilat memasukkan snack ke dalam
6) Mengunyah dengan anggun

Eh, tunggu, nyokap gw di sebelah juga ternyata kaya gitu -_-a
Dari yang semula penuh kerahasiaan, akhirnya ada juga yang frontal dan cuek makan sampe berdecak-decak... Panitia hanya bisa menatap dengan tatapan nestapa karena ulah si decap banyak dicontoh manusia-manusia lainnya... hmmmmmm...ckckckck

Berkali-kali nyokap gw menggerutu : ya ampun, nyanyi lagi??
Berkali-kali gw menggerutu : ya ampun, jeprat jepret lagi nie orang? (dalam hati lah, orangnya di depan)
Meskipun penuh intrik, tapi yang namanya wisuda ya wisuda.. haru dan tetesan air mata pastilah ada.. Biarpun nyokap gw mengklaim udah biasa menghadiri wisuda, toh dia tetep menitikkan air mata...
Lalu terbayang di benak gw, mengamati keriput-keriput di tangan tuanya... masih adakah nyokap saat kelulusan gw kelak? Beliau udah tua, dan biarpun sehat-sehat kelihatannya, umur ga ada yang tau.. Rasanya sangat curang kalo seandainya kakak" gw sudah dihadiri wisudanya dan gw ga kebagian.. Maka dalam hati gw berdoa supaya nyokap diberikan panjang umur dan sehat selalu... amiinn

Acara akhirnya selesai, dan gw dengan penuh kebanggaan melahap snack penuh-penuh :)
Pulang sedikit terburu-buru, karena si Syidkur dikejar-kejar sama mantannya -_-a dan dapet bunga satu lagi..! hmmmm...ckckckck...

Makan nasi kotak di mobil itu sesuatu yah... XD~

Penampakan-Penampakan :
 


4 komentar:

  1. huahaha.. gue yang baca aja boring. upacara seremonial memang nggak asyik deh. #dulusering #udahkapok

    (kunjungi dan follow saya di http://sucinabbila.blogspot.com/ thanks!)

    BalasHapus
  2. heee.... knapa gitu bisa sering dulunya?? baru ngecek blog niee, thanx udah comment :)

    BalasHapus
  3. tahun kemaren wisudanya di mana man? dulu biasanya di dhanapala.

    BalasHapus